MEMILIH DATABASE MySQL

Banyak pilihan tentang software DBMS. Dalam artikel ini hanya dibahas tentang MySQL. Sebelum memutuskan untuk memakai MySQL, apakah dalam rangka membuat aplikasi desktop atau aplikasi web, anda harus mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan MySQL secara garis besar.
  • Kelebihan MySQL
    1. Bekerja Cepat
      Tidak dapat disangkal bahwa MySQL bekerja cepat. Ini adalah server database multi-threaded yang unggul dalam membaca informasi. MySQL awalnya dirancang untuk tujuan query informasi dengan kecepatan sangat tinggi.

      Pada awal mula diperkenalkan, sistem databse ini memiliki beberpa kelmahan. Saat itu menggunakan database ini adalah pilihan buruk. Proses utama database adalah menambah data baru, update data dan membaca. Si pembuat MySQL terlalu mengutamakan kecepatan baca. Tapi dia lupa kecepatan juga diperlukan pada saat menambah dan update data. Namun, MySQL sekarang menawarkan banyak pilihan konfigurasi yang memberikan pilihan kecepatan yang ekstrim pada saat-saat bayak memasukkan data baru dan modifikasi data.

      Seberapa cepat MySQL dibandingkan dengan database linnya ? Ini sangat sulit untuk mengatakan. Benchmarking server database bisnis yang sangat rumit. Satu-satunya cara nyata untuk mengukur kecepatan komparatif adalah melakukan perbandingan lurus dengan produk lain, menggunakan hardware yang sama dan kode yang sama. Jadi tanpa memberikan angka, yang mudah diperdebatkan, saya akan mengatakan apa yang umumnya dipercaya : MySQL cepat. Kurang lebih hampir setara dengan SQL Server dan Oracle.
    2. Mudah Digunakan
      Oracle memiliki fitur dan kekuatan lebih dibanding MySQL. Tetapi untuk menguasainya perlu banyak belajar. Banyak waktu yang harus diluangkan untuk serius belajar. Tetapi kelebihan Oracle yang komplex itu belum tentu kita butuhkan semua. Bila memang tidak dibutuhkan maka MySQL menawarkan kemudahan dibanding Oracle. Sekarang, sudah banyak situs yang dibuat oleh siswa SMK. Mayoritas menggunakan database MySQL dengan bahasa PHP.
    3. Banyak Digunakan
      MySQL sangat populer. Banyak software bisnis yang menggunakannya. Sebagai contoh, lihat disini Jika anda akan mengembangkan situs web dengan MySQL, maka anda tidak akan mengalami kesulitan menemukan ISP yang mendukung MySQL. Selain itu, ketika anda mengalami masalah, anda akan dapat masuk ke banyak forum tentang MySQL untuk mendapatkan saran dari para ahli.
    4. Open Source
      MySQL adalah produk open source di bawah GPL (GNU Public License). Banyak pengembang bekerja tanpa kompensasi karena mereka mendapatkan kepuasan besar dari usaha mereka. Selain itu, setidaknya dua perusahaan (MySQL AB dan NuSphere) menawarkan dukungan komersial untuk MySQL. Dengan perangkat lunak open-source, kode dasar MySQL tersedia untuk siapa pun yang ingin melihat dan mengubahnya.
  • Kelemahan MySQL
    Jika dibanding dengan Oracle, pasti MySQL di bawah Oracle. Karena Oracle memiliki fitur komplex yang tidak ada di MySQL. Setelah Oracle membeli MySQL, hak pakai software tersebut menjadi tanda tanya bagi banyak orang. Saya sendiri baru tahu kalau peraturan hak pakai berubah. Bertahun-tahun database ini gratis bagi kita. Sekarang tidak lagi.Sekarang ada 2 versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Jika kita gunakan versi gratis maka ada syaratnya yaitu software aplikasinya harus gratis (open source). Sebaliknya, bila software aplikasinya berbayar maka harus gunkan MySQL versi berbayar.
    Silahkan baca http://www.mysql.com/about/legal/licensing/oem/#3



    memilih database mysql
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar